Hibah, Beasiswa, dan Penghargaan untuk Jurnalis Perempuan

Bagian 4 dari Panduan untuk Jurnalis Perempuan

Hibah dan beasiswa

Berikut ini adalah daftar hibah dan beasiswa yang secara khusus didesain untuk jurnalis perempuan atau liputan isu perempuan. Untuk daftar hibah dan beasiswa bagi jurnalis secara umum, kunjungi laman GIJN Resource.

The International Women’s Media Foundation menawarkan beberapa program hibah bagi jurnalis perempuan di seluruh dunia dengan tenggat beragam. Beberapa di antaranya adalah Reporting Grants for Women’s Stories untuk meliput isu yang tak banyak digarap dengan pendekatan yang sensitif gender; Kim Wall Memorial Fund yang merupakan kerja sama dengan the Wall Family ditujukan untuk liputan soal subkultur. IWMF juga menjalankan Howard G. Buffett Fund for Women Journalists, yang mendukung proyek jurnalistik seperti kesempatan melanjutkan studi, liputan investigasi, dan pengembangan media.

Foreign Policy Interrupted menawarkan program beasiswa untuk perempuan yang tertarik dengan isu kebijakan luar negeri. Fokusnya adalah pembangunan media dan peningkatan kemampuan penjenamaan melalui modul pelatihan daring dan keterkaitan dengan kolom editorial. Program ini terbuka untuk jurnalis perempuan di seluruh dunia.

Future Rising Fellowship Program adalah beasiswa selama setahun untuk jurnalis perempuan yang berusia 17-24 tahun. Peserta diminta menggarap cerita soal keterkaitan antara perubahan iklim, keadilan lingkungan, dan kesetaraan gender.

 

Penghargaan untuk perempuan

Penghargaan adalah cara yang bagus agar pekerjaan Anda mendapatkan perhatian publik. Untuk mengetahui daftar penghargaan di tingkat regional dan internasional, Anda bisa mengunjungi laman GIJN resource. Adapun untuk daftar penghargaan bagi jurnalis perempuan, berikut ini adalah daftarnya.

One World Media Award memiliki penghargaan Women’s Solutions Reporting Award.

International Women’s Media Foundation mensponsori Courage in Journalism Awards. Penghargaan ini diperuntukkan bagi jurnalis perempuan yang terancam dan meningkatkan standar liputan saat berada di bawah ancaman atau penindasan. Jurnalis perempuan di seluruh dunia berpeluang mendapatkan penghargaan yang dikelola dengan sistem nominasi ini.

Lifetime Achievement Award dari IWMF diperuntukkan bagi pemimpin perempuan. Orang yang menjadi kandidat mesti punya komitmen bagi kebebasan pers dan usaha memajukan suara perempuan. Jurnalis yang sudah pensiun juga berpeluang menyabet penghargaan ini.

International Association of Women in Radio & Television adalah jejaring global bagi jurnalis perempuan yang bekerja di sektor penyiaran dan media elektronik. Lembaga ini punya cabang di Afrika, Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Dua tahun sekali, IAWRT Documentary Awards menghadiahkan uang sebesar US$1.000 di tiga kategori berbeda: Social Impact, Innovation, dan Emerging Talent. Pendaftaran terbuka bagi perempuan yang bekerja sebagai produser, direktur, dan jurnalis yang bekerja di radio, televisi, dan media digital di seluruh dunia.

 

Daftar Isi
Sebelumnya | Selanjutnya

 

Republication

Creative Commons License

Republish our articles for free, online or in print, under a Creative Commons license.

Previous articleKacau Data di Hulu, Bocor Dana di Hilir
Next articleTerlunta-lunta Pekerja Migran di Kamboja
Edisi Indonesia Global Investigative Journalism Network, organisasi nirlaba yang beranggotakan 211 organisasi di 82 negara.