Thursday, November 26, 2020
Home TIPS DAN ULASAN Tom Wright, Wartawan Terbaik Tahun Ini Pilihan SOPA

Tom Wright, Wartawan Terbaik Tahun Ini Pilihan SOPA

Wartawan The Wall Street Journal, Tom Wright, dinobatkan sebagai Jurnalis Terbaik tahun ini dalam ajang Society Publishers in Asia (SOPA) Awards 2016 yang digelar di Hong Kong, Rabu (15/6). Wright dinilai juri mampu menulis serial artikel investigasi yang berkualitas tinggi.

“Bravo. Laporan berani dan gigih yang memunculkan pertanyaan-pertanyaan serius tentang kemungkinan ketidaklayakan perdana menteri dan dana investasi pemerintah,” demikian komentar juri untuk Wright.

The Wall Street Journal (WSJ) menurunkan serial berita investigasi soal skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang melibatkan PM Najib Razak dan dana investasi pemerintah. Selain Tom Wright, WSJ juga diberi Scoop Award Grup A dalam ajang serupa. Scoop Award adalah penghargaan untuk cerita eksklusif yang memiliki dampak signifikan dan diikuti oleh media pemberitaan lain. Serial tulisan ini pernah membawa WSJ masuk dalam nominasi untuk kategori Reportase Internasional Pulitzer.

Penghargaan WSJ masih ditambah dengan honourable mention untuk artikel yang sama dalam kategori Excellence in Investigative Reporting Award Grup A. Ketegori ini menghargai laporan-laporan yang mengekspos korupsi dan pelanggaran kekuasaan.

Dalam kategori ini, peraih Award for Excellence adalah Associated Press (AP) dengan artikel berjudul “Seafood from Slaves”. Menurut juri, investigasi AP pada perbudakan dan perdagangan manusia dalam industri perikanan di Asia Tenggara adalah sebuah ekspos dengan proporsi epik. “Dilaporkan dengan kegigihan yang luar biasa dan kecerdikan, dituturkan dengan kejelasan yang menarik dan meyakinkan,” kata juri.

Laporan itu akhirnya diikuti dengan penyelamatan dan pemulangan lebih dari 2000 laki-laki, perempuan dan anak-anak, investigasi kriminal di beberapa negara, perubahan korporat dan reformasi lain. Para wartawan AP mendatangi Benjina, sebuah pulau terpencil di kepulauan Maluku, Indonesia, mewawancarai sejumlah budak dan mantan budak. “Ini adalah laporan investigasi terbaik,” juri menegaskan.

Society of Publishers in Asia (SOPA), sebuah organisasi yang didedikasi untuk praktik-praktik terbaik dalam penerbitan, menyajikan 102 penghargaan untuk jurnalisme unggul untuk kawasan Asia pada ajang tahunan. Para pemenang dipilih oleh panel yang terdiri atas 100 juri dari seluruh dunia. (Ida Rosdalina)

 
Sumber-sumber:
1. “WSJ’s 1MDB report, Tom Wright win Sopa awards”, Malaysiakini.com, Rabu (15/6).
2. “The Society of Publishers in Asia (SOPA) Announces Winners of the 2016 Awards for Editorial Excellence”, Sopaward.com, Rabu (15/6).

Most Popular

Laporan Kekerasan di Detensi Imigrasi Malaysia Bakal Ditindaklanjuti

Sebanyak 43 pekerja mengaku mendapatkan kekerasan dan perlakukan tidak manusiawi selama ditahan di detensi Imigrasi Malaysia sebelum...

Ramai-Ramai Melanggar Protokol Kesehatan

Mengendarai Vanderhall—mobil beroda tiga buatan Amerika Serikat—bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana dan Aep Saepuloh...

Digulung Proyek Strategis Nasional

“Jangan ki naik, kalau tenggelam mi kapal bagaimana?” cerita Iwan, nelayan Kodingareng, kepada Jaring.id saat dihubungi melalui telepon, Selasa, 25 Agustus 2020. Iwan merupakan salah...

Tergusur “Ratu Belanda” di Perairan Spermonde

Enam jam mengarungi perairan laut Pulau Kodingareng, Sangkarrang, Makassar pada Minggu, 23 Agustus 2020, Iwan (36) tak kunjung mendapat ikan. Padahal lokasi tersebut merupakan...

Recent Comments