Ada beberapa hambatan melacak pesawat. Pemerintah AS misalnya, punya dua program yang memungkinkan penerbangan anonim dengan pesawat pribadi saat berada di wilayah udara AS. Meskipun ini membuat pelacak pesawat frustasi, tetapi ada trik untuk mengatasinya.
Program Limiting Aircraft Data Displayed (LADD) adalah yang paling mudah diakali. LADD memungkinkan pemilik pesawat AS menyaring data penerbangan mereka dari data yang didistribusikan oleh Federal Aviation Administration. Karena ADS-B Exchange tidak menggunakan data FAA, maka semua penerbangan LADD bisa diakses. Ada juga daftar LADD yang sering diperbarui dan didasarkan informasi FAA, meskipun tidak resmi.
Program kedua dimulai setelah pemilik pesawat pribadi melobi untuk sistem yang lebih aman. Di bawah program Privacy ICAO aircraft address (PIA) , pemilik dapat meminta agar FAA memberi mereka kode hex sementara yang tidak terkait dengan nomor ekor mereka. Kode berlaku selama 60 hari dan dapat diubah sesering setiap 20 hari.
Program PIA pemerintah AS telah menghadirkan beberapa kendala bagi pelacak pesawat, tetapi mereka telah mengembangkan berbagai solusi. Untuk mengetahui jika sebuah pesawat menggunakan kode PIA, ADS-B Exchange memiliki filter untuk “PIA”. Klik dan lihat penerbangan PIA, biasanya hanya segelintir penerbangan yang menggunakan fasilitas ini.
Berbekal kode PIA, para ahli menyarankan beberapa cara untuk menyelidiki pesawat itu lebih lanjut.
- Perhatikan pola pesawat PIA dan cari rute serta tujuan yang sudah dikenal. (Kumpulkan datanya dalam sebuah spreadsheet.)
- Gunakan petunjuk dari media sosial atau akun berita untuk menghubungkan pergerakan pesawat dengan orang yang mungkin berada di dalam pesawat tersebut.
- Andalkan pengamatan visual di lapangan (dan melalui kamera web langsung di bandara) yang konsisten dengan pergerakan pesawat PIA untuk mengonfirmasi identitas pesawat.
- Periksa pesan ACARS yang mungkin memberikan informasi mengenai identitas. (Lebih lanjut tentang ACARS, simak penjelasannya di bawah.)
- Masukkan nomor PIA di situs pencarian lain karena terkadang ketidaknormalan mengungkapkan informasi berguna.
Secara internasional, ada kemungkinan untuk pembatasan lebih lanjut yang jadi hambatan melacak pesawat. Arab Saudi misalnya, pada akhir tahun 2022 mengajukan proposal di ICAO berisi “saran tingkat tindakan privasi yang terkendali”. Namun, tidak ada tindakan lebih lanjut yang diambil pada awal 2023.
Menggunakan FOIA di AS
Cara lain untuk mendapatkan data penerbangan di Amerika Serikat adalah dengan mengajukan permintaan Freedom of Information Act ke Federal Aviation Administration. Permintaan dapat dikirim ke alamat email ini: [email protected]
Mintalah “catatan penerbangan penyimpanan TFMS untuk pesawat dengan nomor ekor” dan berikan nomor ekornya. TFMS adalah gudang Traffic Flow Management System. Tetapkan juga kerangka waktu seperti “…dari 1 Januari 2023 hingga tanggal pemenuhan permintaan ini.” Minta agar informasi disediakan dalam format elektronik. Data yang diberikan mencakup informasi penerbangan yang tidak dapat diperoleh melalui layanan pelacakan penerbangan.
Ada beberapa contoh liputan yang didasarkan pada data FOIA. Salah satunya digarap reporter ProPublica Justin Elliot soal penggunaan jet pribadi yang terkait dengan pengusaha China oleh Steve Bannon, penasihat senior Gedung Putih di masa Presiden Donald Trump.
Melacak pesan radio – ACARS
Cara lain untuk menyiasati hambatan melacak pesawat adalah dengan menelisik pesan teks singkat antara pesawat dengan kontrol lalu lintas udara (ATC). Sistem transmisi radio dikenal sebagai ACARS Aircraft Communications Addressing and Reporting System. (Lihat deskripsi dan video terperinci atau tonton video yang kurang teknis). Transmisi tersebut terutama berisi rencana penerbangan, tetapi kadang berisikan informasi soal masalah mekanis.
Menafsirkan pesan ACARS merupakan tantangan karena banyak jargon dan singkatan yang digunakan. Berikut adalah tulisan blog yang menjelaskan beberapa singkatan, seperti “ATB: Air Turn Back” – yang digunakan ketika kapten memutuskan untuk kembali ke bandara keberangkatan alih-alih melanjutkan ke tujuan. Untuk menguraikan percakapan ACARS yang ekstensif, jurnalis membutuhkan bantuan ahli penerbangan.
Pesan ACARS dapat diambil dengan stasiun yang berada di darat atau satelit. Situs Airframes.IO, yang mencuit sebagai @thebaldgeek dan @AirframesIO, telah mengumpulkan serta mengunggahnya hampir secara real time.
Situs lain, LiveATC.net, terhubung dengan komunikasi lalu lintas udara langsung dari lalu lintas radio ATC dari seluruh dunia. Mereka tidak hanya menyediakan komunikasi secara real-time, tetapi juga mengarsipkannya.
Catatan keselamatan
Laporan kecelakaan mungkin memberikan detail tambahan soal kepemilikan. Informasi ini bisa didapat dari lembaga nasional yang bertanggung jawab atas keselamatan penerbangan. Mereka biasanya mengungkapkan catatan soal kecelakaan dan inspeksi.
Aviation Safety Network (ASN) adalah prakarsa swasta dan independen yang mengelola basis data daring soal kecelakaan dan keselamatan pesawat terbang, pesawat angkut militer, dan jet perusahaan. Lembaga ini memiliki daftar investigasi kecelakaan internasional.
Ada juga Aviation Herald yang melaporkan semua jenis insiden dan kecelakaan di seluruh dunia. Sementara itu, untuk kecelakaan di AS, lembaga yang bertanggung jawab adalah Dewan Keselamatan Transportasi Nasional.
Beberapa agensi AS lainnya mencatat informasi soal pembelian dan kontrak. Mereka mungkin menawarkan sumber informasi potensial tentang pesawat pemerintah. File registrasi FAA misalnya, menunjukkan perubahan yang dilakukan pada pesawat, termasuk penambahan kamera penglihatan malam.
Trik rahasia AS
Di Amerika Serikat, jurnalis investigasi telah menyelidiki cara beberapa orang mendaftarkan jet mereka melalui bank atau perwalian untuk menghindari identifikasi. Pemerintah AS memang mengizinkan pemilik asing untuk mentransfer hak milik kepada wali amanat AS — sebuah sistem yang terbuka untuk disalahgunakan.
Lebih dari 1.000 pesawat misalnya, memiliki alamat perwalian di Aircraft Guaranty Corp., yang berlokasi di Onalaska, Texas, sebuah kota tanpa bandara. Hal tersebut telah diberitakan oleh stasiun TV Dallas WFAA .
The Boston Globe juga membongkar kerahasiaan ini dalam seri, “Secrets in the Sky.” Investigasi tim Spotlight menemukan bahwa, berkat pengawasan FAA yang longgar, pengedar narkoba, politisi korup, dan bahkan mereka yang terkait dengan terorisme dapat mendaftarkan pesawat pribadi dan menyembunyikan identitas mereka. Liputan tersebut juga menyebut bahwa kepemilikan lebih dari satu dari setiap enam pesawat terdaftar di AS tidak dapat dilacak.
The New York Times melaporkan bagaimana celah pendaftaran menguntungkan seorang oligarki Rusia. (Lihat artikel yang dipublikasikan Business Jet Traveler ini untuk mengetahui bagaimana praktik ini coba dipertahankan.)
Penyewaan pesawat
Saat jet disewa oleh seseorang, hampir tidak mungkin untuk mengetahui siapa yang membayarnya. Hal ini dialami reporter Erdélyi Katalin, jurnalis Átlátszó Hungaria ketika menyelidiki penggunaan jet pribadi oleh Perdana Menteri Viktor Orbán.
Penyelidikannya mendapati bahwa jet itu terdaftar di Austria. Namun, pihak yang membayar penerbangan tidak diketahui; jet dioperasikan oleh International Jet Management GmbH, sebuah perusahaan Austria yang spesialisasinya adalah pengoperasian jet bisnis.
GIJN menjelaskan bagaimana investigasi tersebut dilakukan dalam artikel, “How They Did It: A Private Yacht, a Luxury Jet and Hungary’s Governing Elite.”
Negara favorit untuk registrasi
Pendaftaran yang tidak perlu dilakukan di tempat tinggal pemilik pesawat bisa jadi hambatan melacak pesawat. Pesawat juga bisa didaftarkan ulang, terkadang dengan perubahan nomor ID.
CorporateJetInvestor, dalam Panduan Resmi Pendaftaran Pesawat 2023, menjelaskan peraturan nasional tentang pendaftaran pesawat. Situs web mereka juga mengumpulkan berita soal bisnis penerbangan. Kemudahan pendaftaran, privasi, dan manfaat pajak adalah pertimbangan utama pemilihan tempat pendaftaran.
Isle of Man adalah salah satu yurisdiksi pendaftaran pesawat yang populer. Negara ini, menurut investigasi International Consortium of Investigative Journalists menyediakan cara untuk menghindari pajak Uni Eropa.
Tempat pendaftaran favorit lainnya adalah Aruba , Bermuda , dan Kepulauan Cayman .
ARTIKEL TERKAIT:
Artikel ini adalah bagian terakhir dari tiga bagian terjemahan “GIJN’s Updated Guide to Planespotting and Flight Tracking” yang pertama kali diterbitkan oleh Global Investigative Journalism Network (GIJN). Anda bisa membaca “Sumber Informasi Pelacakan Pesawat Terbang” bagian pertama panduan ini dan “Dasar-dasar Pelacakan Pesawat Terbang” yang merupakan bagian kedua panduan.