Redaktur regional Organized Crime and Corruption Reporting Project (OCCRP) Miranda Patrucic memenang Knight International Award tahun ini. Diberikan oleh International Center for Journalists (ICFJ), penghargaan bergengsi ini mengaku laporan yang luar biasa yang telah memberikan dampak besar.

Dengan peliputan yang meliputi Semenanjung Balkan hingga Asia Tengah, jurnalis Bosnia Miranda Patrucic membantu mengekspos korupsi di kawasan ini serta mengubah kebijakan dan praktik internasional. Laporannya tentang presiden Montenegro, Milo Djukanovic, telah menciptakan kesadaran baru tentang kejahatan terorganisir di negeri itu dan telah mendorong Parlemen Eropa untuk menyerukan investigasi-investigasi; Montenegro baru-baru ini menjadi kandidat untuk masuk dalam Uni Eropa. Tulisannya tentang perusahaan-perusahaan telekomunikasi Swedia dan Norwegia memicu sidang-sidang dengar pendapat di parlemen, pengunduran diri para CEO, investigasi kejahatan dan ganti rugi hampir US$ 800 juta.

Mengerjakan proyek Panama Papers, ia membantu mengungkap sebuah jejaring perusahaan di surga luar negeri yang diduga dirancang untuk menyembunyikan kekayaan keluarga Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev. Ia berperan penting dalam tim yang memenangkan OCCRP penghargaan-penghargaan seperti European Press Prize, Global Shining Light dan Tom Renner Award.

Miranda Patrucic mendapatkan penghargaan itu bersama dengan tim investigasi di Aristegui Noticias, sebuah situs berita Meksiko yang dipimpin salah satu wartawan terkenal negeri itu, Carmen Aristegui. “Para jurnalis investigasi ini telah mengubah d unia dengan mengungkapkan kesepakatan-kesepakatan gelap yang melibatkan pejabat-pejabat tinggi,” kata Presiden ICFJ Joyce Barnathan. “Mereka menonjol karena laporan terobosan mereka.”

“Saya senang, benar-benar merasa terhormat, sangat takzim menjadi penerima Knight International Journalism Award,” kata Patrucic. “Dua tahun terakhir saya melaporkan dari beberapa negara paling korup dan represif di dunia dan melakukan pekerjaan yang beberapa teman saya dilarang melakukannya, termasuk teman saya dan pahlawan sejati Khadija Ismayilova.”

Ismayilova, seorang reporter pemenang penghargaan dari Azerbaijan yang mengungkap korupsi keluarga Aliyev yang berkuasa, masih mendekam di penjara di Baku sejak dijebloskan pada 5 Desember 2014.

“Cerita-cerita yang kami lakukan tidak mungkin ada jika tidak karena bantuan begitu banyak wartawan mengagumkan yang tidak bisa disebut namanya karena takut nyawa mereka atau keluarga mereka dalam bahaya,” kata Patrucic. “Jaringan OCCRP dan mitra-mitranya sangat penting bagi keberhasilan kami. Penghargaan ini juga penghargaan mereka. Kami akan terus bekerja dan melaporkan di negara-negar aini hingga para reporter di sana bebas untuk mengambil alih. Pekerjaan kami membuat sebuah perbedaan.”

Penghargaan Penting

Meskipun Patrucic telah memenangi berbagai penghargaan internasional untuk cerita-ceritanya, Knight Fellowship adalah pengakuan langsung untuk karya individual dan pencapaian-pencapaiannya. Ia bersama direktur eksekutif OCCRP Paul Radu dari Romania, dan koleganya di Rusia, Roman Anin dari Novaya Gazeta, pernah menerima penghargaan ini.

“Ini satu dari penghargaan yang paling penting yang diberikan kepada wartawan di seluruh dunia untuk kualitas pekerjaan mereka juga untuk keberanian yang mereka tunjukkan dalam melakukan pekerjaan ini,” kata Patrick Butler dari International Center for Journalists. “Kami menerima pencalonan pemenang dari seluruh dunia dan ada hampir 300 nominasi tahun ini. Benar-benar kompetitif, tapi Miranda benar-benar menonjol.

“Kami sangat bangga memberikan penghargaan ini kepada Miranda Patrucic untuk kerja jurnalistik investigasinya yang mengagumkan dari Moldova hingga Uzbekistan,” ia melanjutkannya. “Karyanya benar-benar memberikan dampak yang luar biasa dan membongkar isu-isu besar dalam pemerintahan yang menggema di seluruh dunia.”

Meskipun Butler menjelaskan bahwa isi karya investigasi dan kualitasnya-lah yang membuat para juri condong memilih Patrucic untuk penghargaan ini, ia mengatakan investigasi penyuapan TeliaSonera dan pekerjaannya pada The Khadija Project yang menyentuh.

“Kami tergugah dengan karya Miranda yang mengerjakan proyek Bebaskan Khadija, meneruskan pekerjaan Khadija Ismayilova di Azerbaijan dan memastikan bahwa membungkamnya dengan memenjaranya tidak mengakhiri investigasi-investigasi.”

Juri kontes Lynette Clemetson, direktur Knight Wallace Fellowships and Livingston Awards, mengatakan tulisan-tulisan Patrucic “langsung menarik” perhatiannya.

“Ketika Anda berpikir segala hal tentang jurnalisme saat ini, mulai dari laporan lapangan sesungguhnya hingga yang menggunakan menggunakan teknologi dan data untuk benar-benar berfokus pada jurnalisme yang bisa dipertanggungjawabkan, ia meliput dengan semua cara dasar,” kata Clemetson. “Gairah yang muncul dari karyanya itu saya rasakan mengalir…. Saya rasa karyanya luar biasa.”

OCCRP bekerja dengan prinsip tersebut, mengingat sumber yang tepat dan mentoring, lebih banyak lagi wartwan di kawasan Balkan dan Persemakmuran Negara-negara Merdeka bisa mencapai potensi penuh mereka.

“Miranda diam-diam memiliki dampak yang lebih besar tetang persoalan dunia ketimbang wartawan-wartawan lain di Bosnia dan Herzegovina yang saya kenal. Ini memang saatnya ia sebagai kontribusi terbaik Bosnia untuk laporan investigasi saat ini,” kata Drew Sullivan, redaktur dan salah satu pendiri OCCRP. “Para reporter Bosnia di OCCRP dan mitra lokalnya CIN (the Center for Investigative Reporting di Bosnia) sedang membuat kontribusi yang besar kepada media internasional yang belum diakui. Ini adalah sebuah awal yang hebat.”

Penghargaan, yang disokong oleh John S. and James L. Knight Foundation, akan diberikan pada Makan Malam Tahunan ICFJ pada November mendatang. (*)
Sumber: occrp.or

Categories: Feature