Perempuan dalam Kepemimpinan

Jurnalis perempuan kerap kali kesulitan dalam pekerjaannya. Hal tersebut dibahas dalam sesi panel bertajuk “Women and Investigative Journalism: Tips on Leadership” di Global Investigative Journalism Conference ke-12 (#GIJC21).

Sesi tersebut diisi oleh para editor berpengalaman dari berbagai lembaga. Mulai dari Bureau of Investigative Journalism (TBIJ) yang berbasis di Inggris, Wole Soyinka Centre for Investigative Journalism di Nigeria, The Reporter di Taiwan, Pulitzer Center di Amerika Serikat, hingga Arab Reporters for Investigative Journalism (ARIJ) yang berbasis di Yordania.

Berdasarkan pengalamannya selama beberapa dekade, para panelis menjabarkan kisah mereka meniti karir di tengah berbagai tantangan yang dihadapi perempuan di ruang redaksi. Mereka juga membagikan langkah-langkah untuk mengadvokasi jurnalis investigasi perempuan.

Berikut ini adalah sebelas kiat yang mereka bagikan.

  1. Jurnalis bukan “Lone Wolf

Rachel Oldroyd, redaktur pelaksana dan CEO TBIJ, mengatakan bahwa jurnalis investigasi kerap diibaratkan sebagai “serigala tunggal” yang menggali cerita sendirian. Pemahaman itu sudah ketinggalan zaman dan mesti ditinggalkan.

Lebih jauh, fakta bahwa banyak perempuan bisa memegang peran penting dalam tim liputan mesti diterima secara terbuka. Hal ini dapat membawa keuntungan tersendiri, terutama dalam hal jurnalisme investigasi kolaboratif. “Kami cenderung lebih baik dalam berbagi, berkolaborasi, berjejaring, berempati, dan semua keterampilan ini sangat penting dalam jurnalisme investigasi,” katanya.

  1. Tidak semua karir berjalan linear

Marina Walker Guevara, Editor Eksekutif di Pulitzer Center, bekerja sebagai reporter senior di Argentina sebelum memutuskan pindah ke Amerika Serikat. Ketika itu, ia melepas jabatan tingginya untuk magang di International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ). Langkah tersebut dianggap sebagai kemunduran oleh keluarga Marina. Namun, pertaruhan tersebut terbayar saat ia menjadi wakil direktur ICIJ. Marina menyarankan perempuan untuk menerima gagasan bahwa karir mereka tidak selalu dapat diprediksi. Karir tidak selalu bergerak linier atau berjalan ke arah yang sama.

Walker juga menyarankan agar jurnalis perempuan lebih fleksibel dan terbuka pada karier yang benar-benar baru, bahkan ketika mereka sudah punya tujuan jelas yang dibangun sejak lama. Ketika momen tersebut benar-benar datang, ambil jeda dan ajukan tiga pertanyaan:

  • Apa yang saya kuasai? Pikirkan baik-baik bakat, kemampuan, dan kekuatan super Anda; Mintalah rekan kerja untuk menilai agar mendapatkan perspektif lainnya.
  • Apa yang penting bagi saya? Jawabannya tidak hanya terkait dengan pekerjaan, tetapi hal yang lebih luas.
  • Organisasi atau tim mana yang saya kagumi dan mengapa? Sertakan beberapa jawaban yang tidak terkait langsung dengan bidang atau hal yang Anda tekuni saat ini.
  1. Cari tahu apakah Anda mengidap Imposter Syndrome

Sindrom ini terjadi ketika seseorang meragukan kemampuannya sendiri. Mereka menganggap dirinya tak cukup baik atau mampu meskipun semua fakta yang ada mengatakan hal sebaliknya. Banyak jurnalis yang mengalami kondisi psikologis ini. Berikut ini adalah kiat dari Walker Guevara untuk mengatasinya:

  • Tinjau kembali pekerjaan yang Anda banggakan atau umpan balik bagus yang diterima dari kolega, pembaca, atau atasan.
  • Jalin hubungan baik dengan kolega atau teman yang mengenal dan mengetahui bakat Anda. Jangkau dan beri tahu mereka apa yang Anda rasakan. (Mengidentifikasi perasaan adalah langkah awal yang baik!). Mereka kemungkinan tahu apa yang harus Anda lakukan.
  • Terlibatlah dalam kegiatan di luar pekerjaan. Kembangkan ketertarikan Anda terhadap hal-hal lain di luar jurnalisme, lalu bawa energi positif yang didapat dari hal-hal tersebut ke dalam pekerjaan yang penuh dengan tuntutan.
  • Jika Anda adalah seorang manajer, salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan adalah sering memberikan umpan balik spesifik kepada bawahan. Hal ini juga bisa dilakukan kepada mereka yang berprestasi. Pasalnya, mereka mungkin sedang mengalami sindrom imposter.
  • Praktikkan “institutional disloyalty.” Konsep ini pertama kali saya dengar di Stanford University. Meskipun terdengar negatif, tapi hal ini tidak sama dengan melakukan sesuatu yang buruk terhadap organisasi Anda. Untuk melakukannya, Anda bisa menempatkan diri sendiri sebagai prioritas dan memisahkan identitas personal dengan identitas sebagai pekerja. Dengan cara tersebut, kemampuan terbaik bisa dikeluarkan ketika melakukan pekerjaan penting. Dari mana Anda mendapatkan kepercayaan diri dan apakah pekerjaan menjadi satu-satunya sumber dari hal tersebut? Jika iya, maka mungkin ini saatnya untuk mengubah arah hidup.
  1. Cari editor perempuan

Oldroyd mengingatkan jurnalis investigasi perempuan berjuang agar perspektif mereka didengar di ruang redaksi. Hal itu bisa dilakukan editor perempuan dengan menunjukkan pentingnya menceritakan kisah-kisah yang berpusat pada perempuan. Dahulu, hal ini tak banyak diangkat. Namun, banyak liputan internasional yang dirilis baru-baru ini, berpusat di sekitar perempuan. Beberapa di antaranya bahkan memenangkan penghargaan dan banyak dibaca oleh khalayak. Oldroyd mengatakan bahwa liputan pemenang penghargaan dapat menjadi model dan digunakan sebagai contoh oleh jurnalis untuk mengajukan liputan serupa.

  1. Gunakan Data

Motunrayo Alaka, direktur eksekutif dan CEO di Wole Soyinka Centre, mendorong perempuan untuk menggunakan data untuk mencapai tujuan mereka. Ia telah melakukan penelitian mandiri tentang “maskulinitas ruang redaksi” dan menemukan bahwa di Nigeria ada dua perempuan untuk setiap 10 pria di tingkat manajemen dan dua perempuan untuk setiap tujuh pria di tingkat dewan. Temuan tersebut tidak hanya memungkinkannya untuk menantang manajemen, tetapi juga mengadvokasi agar medianya mempekerjakan lebih banyak perempuan untuk alasan etis dan ekonomi.

  1. Cari bantuan dan dukungan

Oldroyd menyarankan perempuan untuk meminta lebih banyak dukungan dan pengamanan di ruang redaksi jika dibutuhkan. Hal itu, terutama bisa dilakukan ketika menggarap liputan sensitif seperti investigasi “#MeToo” tentang kuasa pria dan kasus pelecehan. “Cerita yang berpusat pada perempuan seringkali sangat sulit dikerjakan dan membutuhkan dukungan tambahan. Pasalnya, Anda berbicara dengan sumber yang sangat rentan seperti korban pemerkosaan atau bagian dari gerakan #MeToo,” katanya. Liputan seperti ini, ia menambahkan, juga dapat menyebabkan trauma tidak langsung (vicarious trauma).

  1. Gaya manajemen yang autentik

Sherry Lee, pemimpin redaksi media asal Taiwan The Reporter, memperingatkan bahwa kata sifat merendahkan seperti “bossy” atau “emosional” biasa digunakan untuk menggambarkan pemimpin perempuan. Hal tersebut tak terjadi ketika posisi yang sama diisi oleh lelaki. Seorang rekan pernah mengatakan kepadanya: “Sherry, kamu bermain peran polisi jahat dengan sangat baik.” Pada awalnya, ia tidak tahu bagaimana harus merespons hal tersebut. Namun, ketika rekan lain menggunakan kata-kata yang sama, dia sadar kalau hal tersebut mesti diatasi. Sherry memberi tahu mereka bahwa sebagai ia mesti bertanggung jawab sebagai seorang pemimpin dan itulah yang dia lakukan. “Saya juga meminta mereka untuk tidak lagi menyebut saya seperti itu,” katanya. Lebih jauh, ia percaya bahwa setiap perempuan punya gaya manajemennya masing-masing. Hal tersebut mesti diterima tanpa prasangka di ruang redaksi.

  1. Terus beradaptasi

Walker Guevara dan direktur jenderal ARIJ Rawan Damen sepakat soal pentingnya fleksibilitas di tingkat personal agar mampu terus beradaptasi. Jurnalis tidak hanya harus selalu bisa berencana, tetapi juga mengubah arah ketika situasi menuntutnya. “Anda perlu banyak beradaptasi dan berencana,” kata Damen. Kedua hal tersebut, menurutnya, ibarat “dua sisi mata uang yang sama.”

  1. Waspadai burn out

“Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kelelahan pengaruh kelelahan terhadap perempuan lebih besar daripada pria,” kata Walker Guevara. Mungkin, hal ini menunjukkan perbedaan dalam cara lelaki dan perempuan dalam menetapkan prioritas. Dahulu, Marina memegang teguh pendapat bahwa “kegagalan bukanlah pilihan” dan mencetaknya di T-shirt. Tekanan semacam itulah yang pada akhirnya dapat menyebabkan kelelahan. Sekarang, dia telah menyadari pentingnya belajar mengatakan “tidak”, menetapkan batasan, dan mengomunikasikan batasan tersebut.

  1. Mengasuh generasi pemimpin berikutnya

Alaka mengatakan bahwa penting untuk tidak hanya mengadvokasi diri sendiri tetapi juga mendorong dan membimbing perempuan lain. Selain membuka lowongan untuk perempuan di posisi tertentu, dia juga mencari kandidat potensial jurnalis investigasi perempuan dengan menyimak berbagai liputan. “Semua perempuan menang ketika satu perempuan menang. Oleh sebab itu, Anda bisa memberi jalan bagi (perempuan) yang lain,” katanya.

Alaka merekomendasikan dukungan terhadap perempuan di tiga area utama: kepemimpinan, pengarusutamaan perempuan dalam berita, dan jurnalisme investigasi. Segera berikan kesempatan perempuan di area-area tersebut. Penting untuk mengidentifikasi kandidat perempuan yang bisa melakukannya dan memanfaatkan kesempatan yang diberikan untuk mendapatkan pengalaman mengenai kepemimpinan.

  1. Ingatkan pemimpin lelaki mengenai perspektif perempuan

Ketika menjadi satu-satunya perempuan dalam rapat manajer, Oldroyd menyarankan agar Anda terlibat secara aktif dan mengemukakan pendapat. Tekankan kepada kelompok bahwa perspektif Anda sangat penting sebagai satu-satunya perempuan di rapat tersebut.

 

Buku mengenai manajemen, kepemimpinan, dan burnout

No Hard Feelings: The Secret Power of Embracing Emotions at Work yang ditulis Liz Fosslien dan Mollie West Duffy. Buku ini dengan cerdas mengilustrasikan cara untuk memahami emosi Anda dan rekan kerja serta bagaimana kiat menghadapinya. Terdapat kiat praktis untuk membantu Anda memilih perasaan apa saja yang mesti “dibuang, disimpan sendiri, atau diungkapkan agar lebih bahagia dan efektif”. Sumber lain bisa Anda dapatkan di situs web yang dikelola oleh penulis buku ini. Salah satu di antaranya adalah panduan singkat menangani percakapan yang sulit dan penilaian emosi di tempat kerja.

How Women Rise: Break the 12 Habits Holding You Back from Your Next Raise, Promotion, or Job yang ditulis Sally Helgese dan Marshall Goldsmith. “Seperti ‘What Got You Here’ yang merupakan versi aslinya, buku ini akan membantu perempuan mengidentifikasi perilaku spesifik yang membuat mereka tidak menyadari potensinya, di mana pun jenjang karier mereka saat ini. Buku ini juga akan membantu mengidentifikasi mengapa hal yang bekerja baik bagi di masa lalu tidak serta merta membawa mereka ke tempat yang mereka diinginkan di masa depan–dan bagaimana akhirnya melepaskan perilaku itu sehingga mereka dapat maju ke tahap selanjutnya.” Anda bisa mendapatkan lebih banyak materi dari penulis buku ini di situs web mereka.

Designing Your Work Life: How to Thrive and Change and Find Happiness at Work garapan Bill Burnett dan Dave Evans. Buku ini membantu pembaca untuk “mengubah kehidupan profesionalnya dan membuat hal yang mereka lakukan saat ini menjadi pekerjaan yang telah lama diimpikan tanpa perlu mengubah pekerjaan yang dimiliki saat ini”.

Burnout: The Secret to Unlocking the Stress Cycle yang ditulis Emily Nagoski dan Amelia Nagoski. Pengalaman burnout perempuan berbeda dengan lelaki. Buku ini menyediakan “plan sederhana berbasis sains untuk membantu perempuan meminimalisir stres, mengelola emosi, and memiliki kehidupan yang lebih bahagia.”

Difficult Conversations: How to Discuss What Matters Most garapan Douglas Stone, Bruce Patton, dan Sheila Heen. Ditulis berdasarkan riset di Harvard Negotiation Project yang dilakukan selama 15 tahun, buku ini memberi tahu Anda pendekatan yang telah teruji untuk menghadapi percakapan terberat dengan sukses dan stres yang minim.

Radical Candor dari Kim Scott. Ini adalah salah satu buku terlaris soal manajemen. Penulisnya membeberkan “panduan untuk memberikan umpan balik yang baik dan jelas, spesifik dan tulus.” Situs web buku ini juga memberikan sejumlah kiat yang dapat diunduh dan video gratis yang dapat digunakan manajer untuk meningkatkan kualitas komunikasi di tempat kerja.

Harvard Business Review Guide to Dealing with Conflict dari Amy Gallo. Penulisnya mengklaim bahwa buku ini membantu pembaca memahami sumber utama konflik; menganalisis setiap pilihan untuk mengatasi ketidaksepakatan; mengenali apakah Anda — dan kolega Anda — biasanya mencari atau menghindari konflik; mempersiapkan diri untuk terlibat dalam percakapan yang sulit; mengelola emosi Anda dan rekan kerja Anda; mengembangkan resolusi bersama; dan mengetahui waktu yang tepat untuk keluar dari konflik.

Dare to Lead: Brave Work. Tough Conversations. Whole Hearts yang ditulis Brene Brown. “Kepemimpinan berani dalam sebuah budaya yang didefinisikan oleh kelangkaan, ketakutan, dan ketidakpastian membutuhkan pengembangan keterampilan. Ironinya adalah kita memilih untuk tidak berinvestasi dalam pengembangan perasaan dan pikiran para pemimpin ketika di saat yang sama kita berusaha keras untuk mencari tahu apa yang tidak dapat dilakukan oleh mesin dan AI dengan lebih baik dan lebih cepat. Apa yang bisa kita lakukan dengan lebih baik? Empati, koneksi, dan keberanian untuk memulai.”

Work Happy: What Great Bosses Know oleh Gill Geisler. Selama bertahun-tahun, penulisnya menjadi pengarah program kepemimpinan dan manajemen di Poynter Institute. “Buku ini untuk semua orang yang ingin membangun keterampilan penting untuk membantu orang lain melakukan pekerjaan terbaik mereka. Karena sifatnya yang mudah digunakan dan praktis, buku ini sangat bagus untuk tim manajer yang mau belajar bersama.”

 

Lokakarya kepemimpinan, situs web, dan sumber lainnya

  • Stronger Together: Strategies for Women Investigative Journalists. Para perempuan jurnalis investigasi membagikan pengalaman yang menekankan pentingnya membentuk jaringan yang suportif dan membangun komunitas pendukung.
  • The Poynter Leadership Academy for Women in Media adalah program untuk perempuan yang secara langsung mengelola para pekerja dan punya pengalaman di area ini tak lebih dari lima tahun. Anda juga bisa melanggan The Cohort, nawala dari Poynter untuk “perempuan yang berkarir di media digital dan jurnalisme.” 
  • OpenNews adalah lembaga nirlaba yang bertujuan untuk membuat ruang redaksi menjadi anti-rasis, adil, inklusif, dan kolaboratif. Situs mereka adalah sumber yang bagus bagi para manajer. Cari tahu lebih banyak mengenai program yang mereka lakukan dan bagaimana Anda bisa terlibat di dalamnya. Jangan lupa untuk mengunjungi kanal DEI Coalition Slack dan menyimak berbagai materi yang mereka sediakan untuk mendapatkan berbagai kiat mengenai manajemen. 
  • The Self-Investigation menyediakan layanan untuk mengembangkan kesejahteraan diri para pekerja di sektor media. Lembaga ini dipimpin oleh pelatih tersertifikasi yang menguasai berbagai bahasa. Mar Cabra, salah satu pendirinya adalah jurnalis investigasi ICIJ yang memenangkan Pulitzer pada 2017. Ia berhenti menjadi jurnalis karena mengalami burnout. Beberapa webinar mereka bisa diakses secara gratis dan yang lainnya dibanderol dengan harga beberapa ratus US dolar.
  • Harvard Business Review, majalah bisnis yang dipublikasikan oleh Harvard Business Publishing. 
  • Team Community menyediakan banyak materi untuk membantumu mengelola lembaga nirlaba.
  • Financial Literacy for Women adalah serangkaian lokakarya yang diproduksi oleh Harvard Kennedy School.
  • On Female Leadership, Learning and Paths. Saat ini, perempuan perlu saling menguatkan agar mereka bisa berbuat lebih banyak. Artikel ini ditulis oleh Gabriela Manuli, Deputi Direktur GIJN dan menceritakan bagaimana perempuan bekerja sama untuk kemajuan mereka.
  • Working Women: Valerie Jarrett and the Importance of Mentorship adalah sebuah episode dari siniar Michelle Obama podcast mengenai mentorship.
  • The Perils of an Achievement Culture berisi tautan ke sejumlah buku yang bisa kamu baca untuk mendalami topik ini.

 

Materi mengenai perempuan dan karir

Video: Women and Investigative Journalism: Tips on Leadership. Ini adalah sesi yang diisi beberapa staf GIJN di iMEdD International Journalism Forum.

Catatan Editor: Versi singkat artikel ini diterbitkan pada 18 November 2021 dan ditulis oleh staf GIJN, Amel Ghani. Penambahan dilakukan oleh Gabriela Manuli dan Nikolia Apostolou.

 

Daftar Isi
 I Selanjutnya

 

Berlangganan Kabar Terbaru dari Kami

GRATIS, cukup daftarkan emailmu disini.