Menemukan Perempuan Pakar untuk Narasumber

Bagian 6 dari Panduan untuk Jurnalis Perempuan

Ilustrasi: perempuan pakar berbincang dengan jurnalis.
Ilustrasi: perempuan pakar berbincang dengan jurnalis.

Berdasarkan berbagai studi, perempuan tak banyak dijadikan narasumber pakar di media massa. Anda bisa mulai memikirkan keseimbangan antara perempuan dengan lelaki sebagai narasumber pakar untuk mengubahnya.

Proyek 50:50 yang dimulai pada 2018 mencatat proporsi perempuan yang dimunculkan oleh radio, televisi, dan portal berita yang dikelola BBC. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih umum mengenai aspek gender di media, Anda bisa menilik The Global Media Monitoring Project.

Untuk menemukan perempuan sebagai narasumber pakar, Anda bisa mengunjungi panduan yang telah dibuat oleh GIJN. Selain itu, beberapa sumber lainnya yang bisa digunakan adalah:

 

Daftar global

Platform Request a Woman Scientist yang disponsori oleh 500 Women Scientists. Jurnalis bisa menggunakannya agar terhubung dengan perempuan saintis dari berbagai disiplin ilmu.  

SheSource, yang dikelola Women’s Media Center. Platform ini punya basis data berisi lebih dari 1.100 pakar. Selain beragam secara topik, pakar tersebut juga berasal dari berbagai negara. Pengguna bisa menggunakan fitur penapisan untuk mencari berdasarkan nama, kata kunci, dan area kepakaran. Setiap nama pakar disertai dengan biografi pendek dan foto. Anda juga bisa mengontak mereka melalui platform ini.

Women Plus adalah daftar berisi lebih dari 750 pakar teknologi yang disusun berdasarkan kategori.

The Women’s Room adalah basis data yang didesain untuk digunakan oleh jurnalis terakreditasi. Pengguna bisa melakukan pencarian berdasarkan spesialisasi, kata kunci, dan daerah. Di situs ini juga terdapat ruang diskusi untuk berbincang mengenai berbagai topik.

Foreign Policy Interrupted punya daftar perempuan yang ahli dalam membahas kebijakan luar negeri yang tersebar di berbagai negara. Platform ini diluncurkan untuk mengabarkan dan menyebarluaskan suara perempuan mengenai kebijakan luar negeri. FPI juga menyediakan perangkat dan pelatihan.

Women Also Know Stuff berisi daftar pakar yang mengkhususkan diri pada ilmu politik. Platform ini juga punya daftar berisi 50 situs lainnya mengenai perempuan pakar di berbagai bidang yang tersebar di banyak negara.

 

Perempuan pakar di Asia-Pasifik

Women Unlimited yang dikelola Hivos, Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara, dan We Lead memiliki daftar berisi ratusan perempuan di Indonesia yang bisa dijadikan narasumber ahli. Pengguna bisa melakukan pencarian berdasarkan nama, kategori, dan Lokasi

Daftar berisi 257 perempuan ahli di Jepang dan Korea serta 495 perempuan ahli soal Hong Kong, Makao, China daratan, dan Taiwan.

Women Make the News – Thailand adalah basis data berisi perempuan ahli di Thailand. Platform ini didesain khusus untuk jurnalis. Pengguna bisa melakukan pencarian berdasarkan sektor, keahlian, tema, lokasi, dan kata kunci.

Women for Media adalah basis data berisi lebih dari 200 lebih perempuan pakar dan pemimpin perempuan di Australia. Pencarian bisa dilakukan dengan menggunakan nama atau kata kunci.

 

Daftar Isi
Sebelumnya | Selanjutnya

  

Republication

Creative Commons License

Republish our articles for free, online or in print, under a Creative Commons license.

Previous articleSambo Mereka-reka TKP Fiktif
Next articleLiputan Terbaik Soal Perempuan dan Garapan Jurnalis Perempuan
Edisi Indonesia Global Investigative Journalism Network, organisasi nirlaba yang beranggotakan 211 organisasi di 82 negara.