Oleh Vicki Krueger

 

Mengerjakan laporan-laporan investigatif berbeda dari laporan harian. Tip-tip di bawah ini akan membantu Anda mengasah fokus dalam laporan awal Anda.

 

Sebelum Anda mulai melaporkan:

Jika Anda bekerja dengan reporter lain, buat sebuah sistem untuk berkolaborasi. Ini mungkin melibatkan pertemuan tatap muka dan/atau sebuah perangkat digital.

Jika Anda menggunakan sebuah database atau banyak database dalam mengompilasi informasi untuk cerita tersebut, atur cara Anda mengelola database tersebut. Buatlah salinan database segera. Bekerjalah hanya pada salinan jadi Anda selalu memiliki data orisinal. Pastikah untuk membuat tetap catatan pada analisis data Anda, bahkan jika yang Anda lakukan hanya memilih data.

Perhatikan rencana laporan Anda, dan catat prioritas-prioritas. Apakah ada satu dokumen yang Anda butuhkan sebelum Anda memulai wawancara-wawancara? Adakah satu orang yang Anda harus wawancara yang akan membuka pintu lain untuk investigasi Anda? Membuat prioritas akan membantu Anda memahami daftar dan jadwal Anda.

 

Ketika Anda sedang melaporkan:

Simpan wawancara-wawancara, dokumen-dokumen dan catatan-catatan lapangan Anda dalam arsip-arsip yang tertata sehingga Anda bisa mencarinya kembali dengan cepat. Atur informasi yang Anda miliki dengan cara yang memungkinkan Anda mengaksesnya secara efisien.

Tulis memo mingguan pendek yang mencatat kepada siapa Anda bicara, dokumen dan data apa yang Anda baca dan apa yang Anda lihat dalam arsip-arsip itu.

Secara berkala tinjau memo-memo tersebut dan dokumen-dokumen utama Anda ketika melaporkan. Apa yang tampak tidak penting di awal cerita mungin menjadi fokus investigasi di akhir.

Diambil dari Introduction to Investigative Reporting, oleh Brant Houston di Poynter NewsU.

 

Sumber: http://www.poynter.org/

Categories: Tips