Terancam di Sungai Musi, Beredar di Lokapasar

Perdagangan Pari Sungai Pinggir Putih (fluvitrygon signifer) atau Pari Himantura marak di lokapasar. Dari tiga platform, Tokopedia, Shopee, dan Tokopedia yang Jaring.id telusuri menggunakan beberapa kata kunci, seperti pari air tawar, pari sungai, dan pari Himantura pada 23 Mei 2022, hasilnya terdapat ratusan etalase penjualan pari.

Padahal pari sungai yang diperjualbelikan tersebut tercatat sebagai ikan yang terancam punah sejak 2000 sesuai dengan International Union Conservation of Nature.

Agar habitatnya tetap lestari, peneliti independen dari IUCN, Benaya Meitasari Simeon meminta pemerintah segera melakukan aksi nyata untuk melindungi Pari Sungai. Terlebih keberadaan ikan jenis ini di Indonesia telah dilindungi lewat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 1 tahun 2021 tentang Jenis Ikan yang Dilindungi.

Benaya tidak ingin Pari Sungai bernasib sama dengan Hiu Gergaji. Kata dia, spesies yang habitatnya berada di Danau Sentani tersebut baru mendapatkan perlindungan penuh justru ketika keberadaannya sudah tak terdeteksi. “Kalau sudah hilang, sulit berbuat apa-apa. Jadi harus dikaji dan diperhatikan dengan serius. Penindakan hukum dengan tegas dibutuhkan untuk menyelamatkan biota yang terancam punah,” ujarnya kepada Jaring.id. (Abdus Somad)

Baca cerita selengkapnya: Terancan di Sungai Musi, Beredar di Lokapasar

Republication

Creative Commons License

Republish our articles for free, online or in print, under a Creative Commons license.

Previous articleTaktik Menelisik Pejabat Korup yang Dilindungi Pemerintah
Next articleGIJN Meluncurkan Perangkat Penilaian Keamanan Berbahasa Indonesia