Terpikir membuat laporan jurnalistik tapi perlu dukungan dana? JARING dan Press Start menyediakan crowdfunding (penggalangan dana online) untuk membantumu. Bukan itu saja, laporan jurnalistikmu bisa dipromosikan dan didukung pembaca di berbagai belahan dunia.

Caranya?  

Kirimkan biodata diri, ide dan proposal liputanmu beserta rincian anggaran dana yang dibutuhkan ke info@jaring.id

Jika butuh bantuan form bio data dan proposal liputan klik di sini: https://goo.gl/2rW7vL

Tidak ada batas waktu tertentu dalam pengiriman lamaran ini

Liputan yang diharapkan?

Kami mencari laporan bersifat investigatif, yaitu laporan mendalam mengungkap praktik-praktik tersembunyi yang biasanya dilakukan oleh negara, perusahaan atau lembaga lain yang merugikan kepentingan umum. Proposal liputan dengan tema yang masih jarang diliput atau diabaikan media tapi berpotensi untuk mendorong perubahan atau perdebatan publik juga bisa menjadi pilihan. Silakan juga kirimkan proposal khusus yang lebih sesuai dengan situasi kerja Anda, misalnya proposal esai foto jika kamu seorang jurnalis foto.

Bagaimana cara kami membantu?

Ide laporan jurnalistik kamu akan dipromosikan pada website Press Start selama satu bulan. Penggalangan dana online akan diselenggarakan untuk liputan kamu dan sejumlah donasi dari dana internal kami juga bisa kami berikan untuk liputan yang berpotensi sangat menarik.

Kami akan membantumu dalam membuat teks dan video promosi agar bisa disebarluaskan ke dunia internasional melalui media sosial dan outlet lainnya.

Kerjasama yang kami harapkan

  • Dalam proposal liputan harus disertakan rencana publikasi di media berbahasa Indonesia seperti koran, majalah, radio, online, televisi atau blog personal yang sangat populer.
  • Media lokal kami utamakan disini tapi jika dalam situasi tertentu publikasi lokal bisa berisiko pada keamanan, kami bisa mempertimbangkan pengecualian.
  • Liputan harus diselesaikan dalam waktu selama-lamanya 3 bulan.
  • Dalam membuat profil dan materi promosi tentang liputan kamu perlu; menjawab beberapa pertanyaan dari kami, mengirimkan sejumlah foto berkualitas high resolution, menyediakan video footage tentang dirimu, lokasi liputan dan beberapa scene lain terkait laporan jurnalistikmu.

Untuk promosi, kami juga mengharapkan bantuanmu dalam hal;

    • Update status atau konten terkait liputanmu pada akun media social di website Press Start sekali sepekan
    • Membagikan profil dan proposalmu (yang dipromosikan oleh Press Start) ke semua jaringan dan kontakmu
    • Mengirimkan semua kontakmu termasuk organisasi, media, jaringan lain (misalnya kampus atau kelompok atau komunitas tertentu terkait tema laporanmu) untuk membantu kami berpromosi ke pihak yang tepat
  • Gunakan akun media sosialmu _ Facebook, Twitter, Tumblr, Snapchat atau dimanapun kamu biasa menjalin komunikasi dengan audiens _untuk menyebarkan informasi ini. Berdasarkan pengalaman, ini menjadi satu kunci penting kesuksesan penggalangan dana
  • Kami juga ingin membantumu membuat posting yang menarik untuk e-mail, media social atau blog, dll. Kesuksesanmu juga adalah keberhasilan kami makanya jangan kuatir menyatakan jika kamu menginginkan bantuan

Setelah kampanye penggalangan dana sukses, sebelum kamu menerbitkan atau menyiarkan laporanmu, kamu harus mengirimkan update bulanan bagi para pendonor dan website kami. Isinya bisa soal detail menarik tentang liputanmu, foto-foto yang diambil saat liputan, atau cerita-cerita di balik layar yang pendek saja tentang proses membuat liputan, bisa juga potongan pendek wawancara dengan salah satu nara sumber. Jangan lupa kami bisa membantumu membuatnya

Kewajiban tiap jurnalis

  • Selesaikan liputanmu dan melaporkan perkembangan sesuai jadwal – kami bisa saja menghentikan kerjasama dengan jurnalis yang berulang kali melanggar waktu tenggat tanpa memberikan pemberitahuan sebelumnya
  • Membantu melacak jumlah pembaca, pendengar atau penonton dan dampak dari laporan investigasimu  

Jika kerjasama ini berjalan lancar dan baik kami bisa membuat kampanye penggalangan dana lanjutan sebelum laporan investigasi yang sedang dikerjakan selesai, artinya kamu akan mendapatkan dana dalam jangka waktu lebih panjang.

Soal pendanaan

Sebelum dana kami kirim, akan ada penandatanganan perjanjian yang disepakati kedua pihak. Dana akan diterimakan dua kali, separuh sebelum mulai liputan dan sisanya setelah laporan investigasi selesai. Meskipun kamu akan menerima dana yang kita sepakati bersama, nilai total akhir yang ingin dicapai dari crowdfunding yang dicantumkan pada website Press Start ditambah 10 %. Tambahan 10% itu untuk kami menjalankan menjalankan kampanye penggalangan dana dan jurnalis akan menerima sisanya.

Usahakan memperoleh semua bon, kuitansi dan bukti pembayaran lainnya selama melakukan liputan di lapangan karena kami berhak setiap saat melakukan review atas semua pengeluaran biaya yang dilakukan.

Tentang penyelenggara

JARING adalah lembaga jurnalisme investigasi di Indonesia.  Menjalankan jurnalisme non profit, dengan jaringan dan kolaborasi berbagai pihak terutama jurnalis, media dan CSO, JARING mendorong dan membantu produksi laporan investigasi yang berdampak bagi perubahan.  JARING menyelenggarakan berbagai program peningkatan kapasitas investigasi bagi jurnalis dalam bentuk workshop, seminar, fellowship dan lain-lain.  Program crowdfunding untuk jurnalisme investigasi ini dilakukan JARING bersama  Press Start.  Lembaga  nonprofit  yang memiliki platform pengumpulan dana online yang dirancang khusus untuk membantu para jurnalis di negara-negara yang belum memiliki kemerdekaan pers dan media secara penuh. Press Start membuat siapa saja di seluruh dunia bisa memberikan  donasi secara online agar para reporter dan editor yang terbaik dan terberani dalam membuat laporan investigasi_namun tak bisa mewujudkannya karena keterbatasan sumber dana_berhasil memproduksi liputan investigasi.  

Jika ada pertanyaan atau membutuhkan kontak seputar program crowdfunding ini silakan menghubungi e-mail info@jaring.id