Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara dan Jaringan Indonesia untuk Jurnalisme Investigasi membuka kesempatan bagi jurnalis, data scientist, dan penulis opini untuk mengirimkan tulisan mengenai covid-19. Kami menerima tulisan dalam beberapa bentuk yakni:


  • Karya jurnalistik berbentuk feature atau in-depth reporting sepanjang 1200-1500 kata. Tulisan yang dikirim berbentuk naskah jadi atau setengah jadi dengan persyaratan: ide tulisan jelas; berimbang dan menjalankan prosedur verifikasi; mewawancarai minimal 4 narasumber dengan latar belakang yang berbeda (misalnya masyararakat, pemerintah, swasta, dan ahli); dilengkapi minimal dua foto dan atau grafik pendukung (bisa menggunakan tableau, flourish, timeline.js, dsb).
  • Analisis data sepanjang 1000-1200 kata. Tulisan merupakan analisis data yang memberikan insight.  Naskah yang dikirim disertai dengan data mentah berformat csv atau xlsx yang dijadikan acuan tulisan. Menyertakan visualisasi data menjadi salah satu pertimbangan.
  • Opini sepanjang 800-1000 kata. Tulisan dibuat berdasarkan latar belakang keahlian penulis.

Syarat dan ketentuan tulisan adalah:

  1. Belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
  2. Tulisan feature atau in-depth memenuhi kode etik jurnalistik dan berbagai pedoman peliputan.
  3. Tulisan dikirim ke info@jaring.id dengan subject disesuaikan bentuk tulisan (feature, opini, atau analisis data). Tubuh surel berisi penjelasan singkat mengenai tulisan dan penulis, sedangkan tulisan lengkap dicantumkan dalam attachment.
  4. Kontributor yang tulisannya akan dimuat bakal diinformasikan. Untuk tulisan yang tidak dimuat dalam jangka waktu 2 Minggu bisa dimuat di media lainnya.
  5. Kontributor yang tulisannya akan dimuat berhak mendapatkan honorarium yang dikirimkan maksimal 2 minggu setelah publikasi.

Informasi lebih lanjut atau pertanyaan bisa dikirim ke info@jaring.id

Categories: COVID-19