Film ini menggambarkan bagaimana intervensi sebuah perusahaan rokok di Amerika bisa menggagalkan interview acara 60 Minutes CBS terhadap mantan peneliti di pabrik rokok. Wawancara ini sempat tidak lolos untuk disiarkan karena petinggi CBS takut jika perusahaan rokok tersebut akan menuntut mereka dengan nilai yang sangat besar.

Film ini menggambarkan bagaimana intervensi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan rokok di Amerika bisa menggagalkan interview acara 60 Minutes CBS terhadap mantan peneliti di pabrik rokok. Produser CBS Lowell Bergman berhasil membujuk Jeff Wygand untuk membocorkan apa yang sesungguhnya dilakukan oleh pabrik rokok untuk membuat produknya tetap disukai banyak orang, yaitu dengan menambah kadar nikotin yang bisa mengakibatkan orang merasa ketagihan.

Wawancara ini sempat tidak lolos untuk disiarkan karena petinggi CBS takut jika perusahaan rokok dimana Wygand pernah bekerja akan menuntut mereka dengan nilai yang sangat besar. Oleh karena itu wawancara pun diedit sehingga tak menunjukkan ketajamannya.

Bergman berusaha keras agar wawancaranya bisa ditampilkan utuh, termasuk dengan mengontak banyak rekan wartawannya untuk membuka situasi di dalam CBS yang ketakutan akan tuntutan perusahaan rokok tersebut. Wygman setelah keluar dari perusahaan rokok bekerja sebagai guru di SMA dengan penghasilan kecil, dan keluarganya retak karena tekanan bertubi-tubi dari perusahaan rokok tersebut.

Categories: Film Review

Tinggalkan Balasan