Oleh María Teresa Ronderos

Sebuah cerita dengan dampak global adalah mimpi semua reporter. Seperti berita-berita mengenai Panama Papers. Cerita-cerita semacam ini, ketika dampak tentang kebenaran yang diungkap mengguncang pembaca, adalah yang terbaik.

Dalam hari-hari jurnalistik, membuat publik memperhatikan pada cerita Anda, menjadikan kisah itu tidak hanya bisa dipercaya tapi juga kredibel dan menarik, adalah pekerjaan yang sulit. Dan bahkan menjadi kian sulit di era digital ini. Informasi-informasi mengalir secara terus menerus melalui perangkat elektronik kita, seperti sungai dengan air yang berlumpur, mencampur-adukkan cerita-cerita otentik dengan yang palsu: yang terverifikasi; dan yang gosip.

Jadi jika para wartawan ingin berpeluang untuk menang dalam pertempuran ini, tetap memberikan informasi pada pembaca tentang apa yang benar-benar terjadi dan mengapa, di antara puing-puing yang besar-besar, mereka tidak hanya harus menemukan cerita-cerita yang bagus, tapi juga harus mengangkat penuturan cerita mereka pada tataran seni.

Ada banyak contoh tentang temuan-temuan semacam ini di seluruh dunia. Contohnya: tradisi jurnalisme sastra berpanjang-panjang, sepertinya yang dikuasai orang-orang Amerika Latin. El Faro di El Salvador yang kecil baru saja memenangi Gabriel Garcia Marques Excellency Award untuk cerita-cerita dan dokumenter-dokumenter mereka yang menyentuh. Organisasi lain, seperti Initium, menciptakan sebuah proyek suara data di mana suhu rata-rata selama 131 tahun terakhir di Hong Kong divisualisasikan dan dimainkan seperti nada-nada musik.

Initium Lab Screen Shot
Initium Lab Screen Shot

Yang lain berusaha untuk menjelaskan dan membuat berita lebih mudah dipahami di dalam dunia membingungkan yang dipenuhi berbagai versi untuk segala peristiwa. Vox.com asal AS mencobanya dengan “explainers” dalam kartu-kartu pendek, seperti sebuah artikel tentang email kampanye Hillary Clinton yang diretas. The New York Times menciptakan The Upshot, dengan potongan-potongan yang menunjukkan bagaimana orang membaca poling-poling yang bertentangan pada pemilu presiden AS. Di Selatan, GKillCity dari Ekuador mencoba versi kartu penjelas serupa, seperti dalam cerita tentang rekomendasi HAM PBB di Ekuador. Ada banyak perangkat lain yang membuat segala hal lebih jelas bagi pembaca: garis waktu tentang sejarah; peta-peta lokasi peristiwa; atau bahkan melintasi tempat dan waktu dalam multimedia interaktif seperti yang dibuat oleh Kloop di Kyrgyzstan untuk menunjukkan bagaimana hutan yang dilindungi di ibukota Bishkek menghilang ketika para pengembang perumahan memperluas aturan-aturan yang telah dilonggarkan.

Cara terbaik untuk menuturkan cerita adalah percakapan. Dalam upaya kudeta baru-baru ini di Turki, para jurnalis Medyascope menjelaskan kepada follower mereka dalam sebuah siaran langsung di Periscope apa yang tengah terjadi dan bagaimana mereka memahaminya, mendekatkan para penulis berita pada penonton mereka. Bot-bot berita sebenarnya sangat menyenangkan, terutama untuk topik-topik yang digemari, seperti sepakbola dan pemilu. Univision mengusahakan Purple Bot dalam pemilihan pendahuluan partai-partai dan jumlah penggemarnya langsung bertambah hingga ribuan. Anda tidak perlu menjadi orang kaya atau berposisi di Silicon Valley untuk mengembangkan sebuah bot.

Dua pengusaha muda Spanyol mengembangkan politi_bot dalam aplikasi obrolan Telegram, dan berhasil memberi informasi pada pembaca tentang pemilu-pemilu terakhir di negara mereka.

Bot-bot mengimplikasikan seorang jurnalis dan seorang developer duduk bersama untuk memikirkan cerita-cerita: seperti dalam seni, muatan dan bentuk melebur dalam satu konsep. Potensi untuk berkomunikasi dan terlibat bergantung pada seberapa baiknya jurnalis dan developer bekerja sama. Hasil dari kerja tim ini bisa berupa games, seperti yang dikembangkan oleh ProPublica di mana pengguna tidak hanya tahu tentang kegagalan layanan kesehatan untuk mengobati serangan jantung darurat di New York City, tapi juga secara personal merasakan kemarahan pasien; atau seperti yang diciptakan Caixin, di mana para pengguna membantu seorang walikota di sebuah kota China mengurangi polusi. Permainan ini bisa menuturkan banyak hal tentang apa yang terjadi di bagian dunia Anda ketimbang banyak editorial lain.

Di mana segalanya sulit, dan menuturkan berita bisa membahayakan kebebasan dan bahkan nyawa Anda, banyak jurnalis menjadi pakar dalam nuansa dan kepelikan. Dan di bawah kondisi semacam ini, humor politik yang bagus selalu dipercaya. Lihat bagaimana Medialab dari Armenia mengungkap kejadian-kejadian politik di negara mereka melalui kartun-kartun.

Nama permainan story-telling dalam era digital harus kreatif, pikirkan pembaca Anda, bekerja dengan profesional lain, seperti para seniman dan teknisi perangkat lunak. Triknya adalah membuat berita-berita rutin setiap hari lebih menyenangkan dan memikat; dan dalam serta benar-benar serius, menarik namun masih bisa dipercaya.

Studi-studi Kasus

Graphic News dijalankan oleh sebuah tim kecil yang berisi jurnalis dan seniman komik yang tertarik dalam mengeksplorasi cara baru menuturkan cerita-cerita jurnalistik, narasi non-fiksi. Tujuan mereka adalah untuk menjadi yang pertama dalam dunia digital dan bereksperimen dengan gambar-gambar dan layout yang sesuai dengan ponsel dan desktop. Graphic News memvisualisasikan berita-berita mendalam yang menjelaskan isu-isu sosial, ekonomi, dan sains yang kompleks dalam cara yang ramah pembaca. Beberapa berita mereka termasuk pertumbuhan ekonomi China dan penutupan rumah sakit-rumah sakit jiwa forensik terakhir.

Zambezi News menggunakan satir untuk berbicara mengenai segalanya, mulai dari pemungutan suara hingga korupsi di Zimbabwe. Mereka mengembangkan program berita satir, dengan tiga komedian pembaca berita, yang memperpendek jarak ruang redaksi dan laporan satir dari lapangan, dan memuat macam-macam karakter dan lelucon. Enam juta warga Zimbabwe telah menyaksikan acara itu— awalnya mereka mempublikasikannya melalui stasiun-stasiun radio komunitas, kelompok-kelompok aktivis, media sosial dan YouTube, dan, berdasarkan permintaan, mereka memproduksi 10.000 DVD untuk didistribusikan ke kota-kota dan desa-desa diseluruh Zimbabwe.

Meydan TV, sebuah platform media independen daring untuk Azerbaijan, secara rutin memuat kartun-kartun satir, yang telah terbukti sangat popular di media sosial; sebuah karikatur yang diciptakan oleh Gunduz Aghayev dari Meydan, reaksi dari berita tentang liberalisasi visa Georgia dengan Uni Eropa nyaris mendapatkan 1 juta view di Facebook.

Hackastory, sebuah rintisan jurnalisme yang bermarkas di Belanda didirikan oleh seorang jurnalis, seorang developer dan seorang akademikus transmedia, tidak memproduksi berita sendiri. Alih-alih, mereka mendorong jurnalis-jurnalis lain untuk menempukan perspektif baru dan ide-ide kreatif. Misi Hackastory adalah untuk memperberdayakan kolaborasi lintas-profesi dalam penuturan cerita digital melalui eksperimen dan pembelajaran dengan melakukan pendekatan. Untuk melakukan ini, Hackastory mengelola hackathon penuturan cerita di seluruh dunia, menyatukan jurnalis, developer, dan desainer yang memiliki waktu dua hari untuk memproduksi sebuah proyek (prototipe).

CORRECT!V, sebuah newsroom laporan investigasi, berbasis data dan inovatif yang berkantor di Jerman, bereksperimen dengan berbagai cara penuturan cerita, menggabugnkan jurnalisme investigasi “klasik”, teknologi, perangkat digital dan seni. Mereka menghasilkan novel grafik yang kuat – “Weisse Wölfe” (White Wolves) – yang mengilustrasikan investigasi oleh David Schraven dan Jan Feindt menjadi sebuah gang ekstremis Nazi dari kawasan Ruhr yang pelan-pelan mengungkap jaringan internasional mereka. Versi cetak awalnya didistribusikan secara gratis, ketika tim tersebut menyadari keberhasilannya, versi cetak baru dipesan dan terjual laris dalam hitungan hari saja. (*)

Correct TV

María Teresa Ronderos adalah direktur OSF Program on Independent Journalism, yang mengatur usaha-usaha untuk mempromosikan media berkualitas tinggi yang penuh semangat, terutama di negara-negara yang sedang bertransisi menjadi demokratis.

Sumber: GIJN

Categories: Berita