[mapsmarker layer=”1″]

PILKADA 2015: PETAHANA YANG MENANG DAN TERTENDANG

Mungkin Sri Suryawidati tak pernah menyangka bahwa kedudukannya sebagai bupati akan berakhir pada tahun 2015. Ida, demikian ia biasa dipanggil, telah menjabat sebagai bupati dalam lima tahun terakhir. Sepuluh tahun sebelumnya ia “menjabat” sebagai istri bupati Bantul, Idham Samawi yang pernah menjabat sebagai bupati Bantul antara tahun 2000 hingga 2010.

Ida Samawi, yang kemarin berpasangan dengan Misbakhul Munir, hanyalah salah satu contoh tentang nasib petahana yang tertendang dalam pilkada 2015 kemarin. Namun masih ada banyak petahana yang nasibnya cukup beruntung dan leluasa memperpanjang kekuasaannya masuk termin kedua.

Nasib yang sama juga menimpa pasangan petahana di Jambi (Hasan Basri Agus-Edi Purwanto), di Seram Bagian Timur (Sitti Umuria Suruwaky-Sjaifuddin Goo), serta di Konawe Utara (Aswad Sulaiman dan pasanganya Abuhaera). Posisi mereka sebagai petahana rupanya tak cukup meyakinkan masyarakat di masing-masing daerah untuk kembali memilih mereka.

Ada 12 kabupaten, kota dan provinsi yang JARING lihat dalam pilkada ini, dan lewat jejaring wartawan yang menuliskan berita soal petahana ini, maka didapatkan kabar bahwa dari 12 lokasi di atas, 4 orang petahana gagal mempertahankan kekuasaannya, dan 8 orang lainnya masih bisa bernafas lega untuk meneruskan tampuk kekuasaannya.

Pada tanggal 3-5 November 2015, JARING melaksanakan pelatihan investigasi berbasis jurnalisme data kepada 16 orang jurnalis dari berbagai wilayah Indonesia. Dua belas orang di antaranya kemudian mendapatkan fellowship sebagai kelanjutan kegiatan pelatihan. Dua belas jurnalis ini kemudian bekerja di daerah masing-masing (sebutkan) untuk menginvestigasi petahana yang ada di wilayahnya dan melihat bagaimana mereka memanfaatkan situasi yang ada untuk kepentingan mempertahankan kekuasaannya.

Laporan di atas memberikan gambaran tentang kondisi para petahana di wilayah masing-masing, dan berikut sejumlah data pendukung untuk melihat kondisi mereka sebelum pilkada dilakukan. Silahkan klik ikon pada map diatas untuk masing-masing laporan.

Bambang Riyanto
Harian Analisa
Bangun Santoso
Liputan6.com
Bhekti Suryani
Harian Jogja
Eni Muslihah
KBR68H
Muhammad Rofiuddin
Tempo
Marhasak R
RRI Pontianak
Reni Susanti
Kompas.com
Rosniawanti
Tempo
Tika Primandari
Tempo
Truly Okto
Tribun Medan
Buniamin Azmah
Global FM
Tajudin Buamo
Ambon Ekspres