Journalism and Media Studies Centre , University of Hong Kong, membuka pendaftaran Kelas Online tentang Jurnalisme Data. Kelas ini akan diselenggarakan selama 5 minggu, mulai dari tanggal 4 April 2016. Partisipan akan mendapatkan sertifikat setelah mengikuti seluruh rangkaian kelas.

Materi dari kelas selama 5 minggu ini akan dibagi menjadi 5 sesi:

  • Sesi pertama, Simon Rogers dari Google akan menjelaskan tentang apa itu jurnalisme data dan bagaimana tren serta masa depannya secara global.
  • Sesi kedua, Yolanda Ma dari Data Journalism China akan menjelaskan tentang gambaran ketersedian data di Asia dan bagaimana mendapatkan data-data tersebut.
  • Sesi ketiga, Jonathan Stray, seorang Data Scientist, akan menjelaskan tentang bagaimana menganalisis dan melakukan interpretasi terhadap data. Bagaimana mengidentifikasi kualitas dari data tersebut dan membersihkannya juga akan diajarkan dalam sesi ini.
  • Sesi keempat, Francesca Valsecchi dari Fakultas Desain & Inovasi Tongji University akan menjelaskan tentang sarana yang dapat digunakan untuk membuat visualisasi data yang efektif.
  • Sesi kelima, Irene Jay Liu dari Thomson Reuters akan menjelaskan tentang bagaimana bercerita dengan data.

Pendaftaran masih dibuka. Informasi tentang pendaftaran dapat dilihat di https://jmsc.hku.hk/2016/03/mooc-on-data-journalism-from-the-jmsc-opens-for-registration/.

Categories: Event